Blogger Saminad: Hal Penting Memulai Usaha
LOADING...

Saturday 3 January 2015

Hal Penting Memulai Usaha

sumber : hongkiat entrepreneur
Berbagai peluang usaha baru mengharuskan sebagian besar dari mereka untuk mulai menyusun beberapa strategi usaha. Ketatnya persaingan pasar dan munculnya para pengusaha baru di berbagai penjuru negeri, membuat sebagian besar pelaku usaha harus siap bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Untuk membantu para pemula sebagai pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi usahanya, berikut ini strategi usaha yang wajib dimiliki sebelum terjun dalam persaingan pasar.

1. Berpikir kreatif dan segera mulai melangkah.
Modal utama yang perlu dimiliki pengusaha adalah berani berpikir kreatif dan mewujudkan ide-ide unik atau gila. Hanya dengan modal kreatif saja tidaklah cukup. Sebagai pengusaha, tentunya dituntut untuk segera mulai melangkah dan menemukan cara yang paling efektif.

2. Mulailah dari lingkungan Anda
Mereka para pemula usaha sering kali bersikap menginginkan bisnis yang bonefit, dan menghasilkan banyak keuntungan, dengan tidak membutuhkan modal besar. Padahal, dalam dunia usaha yang potensial diperlukan hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Misal saja seperti, idepengusaha sukses dari Grobogan yakni Rustono, yang sekarang ini berhasil menjadi juragan tempe di negara maju seperti Jepang.

3. Tetapkan biaya produksi yang proposional
Pelaku usaha harus lebih jeli dalam menganggarkan biaya pengeluaran dan menyiapkan strategi pemasaran untuk bisa mendatangkan penghasilan yang maksimal. Sebisa mungkin, biaya produksi ditekankan agar harga jual yang ditawarkan kepada konsumen bisa terjangkau, serta keuntungan yang didapatkan kedepannya berlipat-lipat. Strategi inilah yang berhasil mengantarkan kesuksesan, karena dengan tagline yang unik dapat menawarkan daftar menu dengan harga jual yang bersahabat dengan tujuan konsumen yang rata-rata menengah  ke bawah.

4. Manfaatkan teknologi
Perkembangan teknologi dan informasi di era serba digital seperti sekarang ini, tentunya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menjangkau peluang pasar yang lebih luas. Bila sebelumnya hanya memasarkan produk secara offline, maka boleh dicoba dengan cara (ONLINE) mengoptimalkan penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, website, dan lain sebagainya. Untuk mengurangi besarnya biaya iklan offline yang semakin tinggi serta menjangkau calon konsumen di berbagai kota bahkan belahan dunia sekalipun.

5. Terus kembangkan "BRAND / MERK" Anda
Kekuatan sebuah brand/merk masih sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha. Oleh karena itu, terus hidupkan dan kembangkan brand/merk Anda dan jagalah reputasinya agar semakin dikenal banyak orang dan disukai para pelanggan maupun calon pelanggan. Untuk menjalankan strategi tersebut, bisa melengkapi *)optional profil perusahaan Anda dengan sejarah singkat mengenai pendirian usaha maupun kisah dibalik pembuatan produk unggulan yang menjadi brand utama bisnis Anda. Terutama alamat lengkap dan no yang bisa dihubungi.

6. Tumbuhkan bakat berwirausaha
Setiap orang bisa menjadi pengusaha sukses apabila mereka mau dan mampu menumbuhkan bakat wirausaha yang ada dalam diri mereka. Berbekal niat, semangat, dan tekad yang cukup kuat, setiap orang bisa mendapatkan ilmu dan ketrampilan khusus tentang wirausaha melalui buku-buku atau majalah bisnis yang beredar di pasaran, mengakses informasi dari media internet, maupun bergaul dengan para pengusaha sukses yang bisa memotivasi diri Anda untuk terus maju dan merintis sebuah usaha.

7. Siap menghadapi berbagai resiko
Ketika menjalankan sebuah usaha, hadirnya sebuah hambatan, tantangan, maupun berbagai kendala yang muncul di tengah perjalanan usaha, menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi para pelakunya. Karenanya, untuk menghadapi resiko tersebut, pastikan bahwa semua perencanaan bisnis Anda sudah dipersiapkan dengan matang agar munculnya sebuah resiko bisa diminimalisir sekecil mungkin.

8. Doa
Jangan meremehkan ataupun mengabaikan doa. Karena doa adalah kunci terakhir agar usaha Anda berjalan dengan lancar, terkadang sih ada kendala atau rintangan sedikit yang menghalangi. Tapi dengan kemauan dan tekad yang bulat, maka Insya Allah akan dikabulkan oleh-NYA.

Nah, barusan sedikit informasi Hal Penting Memulai Usaha yang bisa saya bagikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses. Untuk yang belum sempat membaca informasi ini, bisa Anda bagikan. 

Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk usahanya.


Source : BisnisUKM 
Edited : Saminad

0 komentar:

Post a Comment