Blogger Saminad: Tips Menabung Yang Praktis
LOADING...

Wednesday 31 December 2014

Tips Menabung Yang Praktis

Tak punya tabungan sama sekali? Atau tabungan Anda terkuras setiap bulannya? Anda harus mulai berpikir cerdas mengatasi masalah ini.

Memiliki tabungan ratusan juta hingga miliaran rupiah, bukan hal mustahil bagi mereka yang memulai menyisihkan hasil kerja mereka. Bagi sebagian orang bukan lagi impian dalam angan. Namun, mempertahankan uang dalam tabungan merupakan target besar yang membutuhkan rencana ketat.


Tentu saja, semua impian ini memang begitu indah dalam teori. Tapi mimpi itu bukan hal yang mustahil untuk diraih. Semua pembaca bisa mengikuti beberapa strategi efektif untuk tabungan di setiap bulannya :

Mulailah Segera. Semakin banyaknya promo tabungan berencana, Anda harus semkin cepat mengambil keputusan menabung. Agar mudah menggapai impian dengan tabungan miliaran rupiah bahkan trilyunan rupiah. HARUS TETAP INGAT, Anda jangan tergoda untuk menabungkan uang dalam jumlah besar.
Menyimpan uang dalam daftar pengeluaran Anda merupakan prioritas utama. Bila perlu jadikan alokasi ini sebagai bagian terpenting sebelum tagihan.
Satu-satunya jalan untuk memastikan Anda memiliki simpanan dengan agresif adalah dengan menyimpan uang sebelum tagihan KPR, kredit mobil, bahkan belanja belanja bulan.
Strategi. Beberapa tabungan berencana biasanya menawarkan batas minimal uang yang harus disetor per bulan. Biasanya setiap tahun, bank akan menaikkan batas minimal dari setoran tahunan yang biasa Anda bayarkan.
Pendekatan ini memang terbilang lambat namun bisa membawa Anda mencapai tujuan. Syaratnya, Anda harus bisa memastikan gaji bulanan selalu mengalami kenaikan setiap tahun.
Simpanlah saat kenaikan gaji. Andaikan anda saat ini mampu menghasilkan upah/gaji Rp 4,5 juta per bulan, dengan pendapatan tersebut Anda harus mematok target kenaikan tahunan sebesar 5 persen per tahun untuk anggaran tabungan Anda.
Jika rencana ini tercapai, jangan lantas menambah alokasi anggaran belanja Anda. Sisihkan kenaikan gaji itu untuk disimpan dalam tabungan.
Tingkatkan anggaran pendapatan bukan anggaran belanja. Jika Anda tak bisa menikmati kenaikan gaji, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan. Perluas cakrawala dan mulailah mengeksplorasi sumber-sumber pemasukan lain diluar gaji bulanan yang Anda terima.
Jangan takut ambil risiko. Pada akhirnya, memang tak bisa sepenuhnya mengandalkan tambahan nilai tabungan hanya dengan menggantungkan cara-cara konvensional. Mulai untuk mempelajari bentuk investasi lain yang tentunya memiliki risiko tersendiri.

Semakin cepat Anda memutuskan untuk mengambil risiko menabung yang efisien, semakin cepat pula meraih impian dengan tabungan milyaran bahkan trilyunan rupiah. Serta sisihkan beberapa untuk investasi dalam berwirausaha.

Semoga bermanfaat. And GOOD LUCK. 


Source : Berbagai macam sumber
Edited : Saminad

0 komentar:

Post a Comment