Blogger Saminad: Kegagalan Bukanlah Sukses Yang Tertunda
LOADING...

Wednesday 11 March 2015

Kegagalan Bukanlah Sukses Yang Tertunda

Sukses besar itu seperti tumpukan koin. Kesukses besar itu berasal dari sukses kecil yang disusun setiap hari. Hari ini sukses kecil, besok sukses kecil, dan seterusnya maka lama-lama akan menjadi sukses besar. Seperti pada pepatah yang mengatakan "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit".

Demikian juga dengan kegagalan, dimulai dengan kegagalan kecil dikumpulkan setiap hari akan menjadi gagal total. Tidak ada cerita hari ini gagal, besok sukses, gagal lagi, sukses lagi, dan akhirnya menjadi sukses besar.

Sepakat dengan apa yang disampaikan dari berbagai sumber terpercaya, bahwa kesuksesan sekarang adalah hasil jerih payah terus menerus yang dilakukan pada masa-masa sebelumnya. Tidak ada yang instan, semua melalui proses.

Determinasi dan konsistensi adalah kata kunci dalam hal ini. Seperti kata pepatah: Siapa yang menabur benih akan menuai hasil. Jangan berharap memetik anggur kalau yang ditanam adalah semak belukar.

Ini disampaikan oleh seorang dosen Psikologi pada waktu saya mengikuti seminar 20 tahun dulu. Betul-betul terpatri di memori dan hati. Ya, gagal adalah gagal, bukan sukses yang tertunda. "Kalau ada yang mengatakan gagal adalah sukses yang tertunda sebetulnya hanya kata kiasan (membesarkan hati) supaya tidak frustasi" ucapnya Anton Satria Prabuwono.

0 komentar:

Post a Comment