Blogger Saminad: Tips Usaha Anda Sedang Turun
LOADING...

Friday 20 December 2013

Tips Usaha Anda Sedang Turun

SIM - Sebenarnya wirausahawan tidak perlu panik dan malah menyalahkan segala yang ada di bisnis. Karena dari sisi strategi bisnis sebenarnya jika kita kaitkan kepada pola pasar yang ada, ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Pertama, faktor internal di dalam bisnis sahabat. Misal, perubahan halus yang tidak diketahui dari sisi produk, layanan, dan lainnya. Usaha rumahan, usaha sambilan, terkadang tidak menyadari adanya perubahan internal dan lebih kaget erhadap perubahan eksternal. Ini disebabkan karena waktu pengamatan dan monitoring yang terbatas.

Kedua, faktor ekternal seperti tren menurun, pesaing lebih agresif, daya beli masyarakat menurun, teknologi, serta regulasi pemerintah. Secara umum, terhadap penyebab di atas maka beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Kaji ulang segmentasi bisnis, segmentasi adalah pandangan perusahaan dalam membagi pasar, yang bisa saja salah atau berubah. Lalu targeting, dalam pendekatan kepada target, kemungkinan ada komunikasi dan cara yang salah, atau justru tidak tahu.

Pengusaha harus paham target mana yg memiliki prioritas tinggi, yg butuh high quality service, & mana yang bisa fleksibel.

Terakhir, positioning yang tidak berhasil ‘dikirim’ kepada benak-benak konsumen. Produk kita yg terlalu umum dan persepsi yang diciptakan terlalu datar, bisa sama saja dengan semua pesaing. Mulailah cari keunikan produk kita.

Semoga bermanfaat untuk mengembangkan usaha Anda. Good Luck !!! :)

0 komentar:

Post a Comment