Blogger Saminad: Bahaya Minum Teh Saat Sahur
LOADING...

Wednesday 2 July 2014

Bahaya Minum Teh Saat Sahur


SIM - "Di samping menghindari beberapa makanan yang tak menyehatkan seperti makanan berpemanis, junk food, makanan berminyak dan berlemak, ada beberapa kebiasaan makan yang bisa berimbas buruk selama Ramadan," ungkap Dia, seperti dilansir oleh The National (27/06).

Minuman Teh
Beberapa kebiasaan di antaranya adalah melewatkan sahur dan mengandalkan makanan yang penuh gula serta karbohidrat. Makan sahur akan memberikan asupan nutrisi dan energi selama berpuasa. Dan juga, mencegah dehidrasi serta masalah pencernaan. Karena itu, mengonsumsi kombinasi makanan yang sehat akan membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Dia mengingatkan agar seseorang tak mengonsumsi terlalu banyak buah, jus buah, roti, dan sereal seperti saat sarapan ketika santap sahur. Makanan tersebut mengandung banyak gula yang akan menyebabkan orang mudah lapar di siang hari Ramadan. Selain itu, makanan yang mengandung banyak gula juga menyerap energi lebih cepat sehingga membuat Anda leih cepat lemas.

Salah satu minuman terlarang yang disebutkan olehnya saat sahur adalah teh. Kemungkinan karena masyarakat memiliki kebiasaan minum teh di pagi hari, mereka akan melakukan kebiasaan yang sama saat sahur. Hal ini bisa berakibat buruk untuk tubuh selama berpuasa. Teh, sama dengan kopi, mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh cepat dehidrasi. 

Selain itu, teh juga bisa meningkatkan produksi asam lambung jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Mengonsumsi teh setelah makan saat sahur juga bisa menetralkan nutrisi yang ada dalam makanan. Karena itu, sebaiknya dihindari mengonsumsi teh ketika sahur atau segera ketika berbuka, saat perut masih kosong.

Dia (Chowdhary) menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, makanan yang kaya asam lemak omega-3, vitamin C, B-kompleks, dan protein seperti ikan, ayam, daging sapi, dan lainnya

0 komentar:

Post a Comment